SALURAN DISTRIBUSI


JENIS SALURAN DISTRIBUSI

Saluran distribusi memiliki pengaruh penting dalam kegiatan perdagangan. Saluran distribusi inilah yang menjadi perantara khusus anatar para konsumen dengan para produsen. Artinya , tanpa adanya saluran distribusi , maka barang – barang yang diproduksi oleh produsen tidak bisa sampai ke tangan konsumen. Adapun jenis saluran distribbusi langsung dan tidak langsung sebagai berikut:
1. Saluran Distribusi Langsung (Direct Channel of Distribution)
   Saluran ditribusi langsung adalah bentuk penyaluran barang – barang atau pun jasa –jasa dari prosusen kepada konsumen dengan tidak melalui perantara. Bentuk dari saluran ini bisa terbagi menjadi 4 yaitu
1)  Selling At The Point Production, merupakan bentuk penjualan langsung yang dilakukan di tempat      produksi. Contohnya : usaha pakaian jadi yang menjual hasil – hasil produksinya langsung kepada      konsumen di tempat penjahitan.
2) Selling At The Producer’s Retail Store, adalah sebuah penjualan yang dilaksanakan di tempat              pengecer. Pada umumnya produsen tidak melakukan penjualan langsung pada konsumen akan             tetapi melalui pihak pengecer.
3) Selling Door to Door, merupakan penjualan yang dilaksanakan oleh produsen secara langsung           kepada konsumen dnegan mengerahkan salesmannya ke rumah – rumah ataupun ke kantor – kantor.
4) Selling Through Mail, adalah bentuk penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dengan                      menggunakan jasa pos.

2. Saluran  Distribusi Tidak Langsung (Indirect Channel of Distribution)
   Saluran distribusi tidak langsung adalah bentuk saluran distribusi yang menggunakan jasa perantara dan juga agen untuk menyalurkan barang maupun jasa kepada konsumen.
Yang dimaksud dengan perantara ialah mereka yang membeli serta menjual brang – barang tersebut dan memilikinya, mereka bergerak dalam bidang perdagangan besar dan pengecer. Smentara yang dimaksud dengan agen ialah orang ataupun perusahaan yang membeli atau menjual barang untuk perdagangan besar (manufacturer). Agen bertindak mewakili baik penjual ataupun pembeli dalam suatu transaksi.

Saluran Distribusi PIXY
PT mandom yang telah berkembang di dunia perawatan pribadi ini memiliki brand kosmetik sebagai salah satu senjata untuk menaikkan penjualannya. Merelka meluncurkan brand pixy yang menyediakan berbagai varian kosmetik. Meskipun brand pixy ini belum menduduki peringkat pertama, namum pixy mampu bersaing dengan produk – produk lainnya.

Pixy identik dengan kosmetik untuk orang dewasa atau lebih tepatnya ibu – ibu. Tapi. Kini pixy telah melakuakn peremajaan merek untuk menciptakan image baru yang lebih fresh. Dengan mengusung konsep colors of delight. Kini pixy mampu tampil lebih elegan dan dinamis. Dalam strategi pricing, pixy melancarkan strategi harga yang berjenjang sehingga semua segmen pasar dapat dibidik. Berkat hal tersebut, kini pixy semakin banyak digunakan oleh para gadis remaja dan wanita yang berasal dari berbagai kelas ekonomi.

Pixy dapat memperluas dan memperkuat jaringan distribusinya dengan memperbanyak saluran distribusi. Mulai dari pasar modern, pasar tradisional sampai ke took – took kecil (minimarket). Hal ini dilakukan supaya dapat memastikan produk pixy tersedia di berbagai lini pasar, termasuk menyediakan tester produk di gerai – gerai minimarket sehingga konsumen bisa dapat lebih leluasa memilih jenis produk yang diinginkan. Pixy pun sering menempatkan para Sales Promotion Girl (SPG) di gerai – gerai tertentu seperti mall sebagai strategi personal selling.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Perbandingan Koperasi di Dunia dengan Koperasi di Indonesia

jenis - jenis badan usaha di indonesia, kelebihan,kelemahan.