SALURAN DISTRIBUSI
JENIS SALURAN DISTRIBUSI
Saluran
distribusi memiliki pengaruh penting dalam kegiatan perdagangan. Saluran
distribusi inilah yang menjadi perantara khusus anatar para konsumen dengan
para produsen. Artinya , tanpa adanya saluran distribusi , maka barang – barang
yang diproduksi oleh produsen tidak bisa sampai ke tangan konsumen. Adapun
jenis saluran distribbusi langsung dan tidak langsung sebagai berikut:
1. Saluran Distribusi Langsung (Direct Channel of
Distribution)
Saluran ditribusi langsung adalah bentuk penyaluran
barang – barang atau pun jasa –jasa dari prosusen kepada konsumen dengan tidak
melalui perantara. Bentuk dari saluran ini bisa terbagi menjadi 4 yaitu
1) Selling At The
Point Production, merupakan bentuk penjualan langsung yang dilakukan di tempat produksi. Contohnya : usaha pakaian jadi yang menjual hasil – hasil produksinya
langsung kepada konsumen di tempat penjahitan.
2) Selling At The
Producer’s Retail Store, adalah sebuah penjualan yang dilaksanakan di tempat pengecer. Pada umumnya produsen tidak melakukan penjualan langsung pada
konsumen akan tetapi melalui pihak pengecer.
3) Selling Door to
Door, merupakan penjualan yang dilaksanakan oleh produsen secara langsung kepada konsumen dnegan mengerahkan salesmannya ke rumah – rumah ataupun ke
kantor – kantor.
4) Selling Through
Mail, adalah bentuk penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan
jasa pos.
2. Saluran Distribusi Tidak Langsung (Indirect Channel
of Distribution)
Saluran distribusi tidak langsung adalah bentuk
saluran distribusi yang menggunakan jasa perantara dan juga agen untuk
menyalurkan barang maupun jasa kepada konsumen.
Yang dimaksud dengan perantara ialah mereka yang
membeli serta menjual brang – barang tersebut dan memilikinya, mereka bergerak
dalam bidang perdagangan besar dan pengecer. Smentara yang dimaksud dengan agen
ialah orang ataupun perusahaan yang membeli atau menjual barang untuk
perdagangan besar (manufacturer). Agen bertindak mewakili baik penjual ataupun
pembeli dalam suatu transaksi.
Saluran
Distribusi PIXY
PT
mandom yang telah berkembang di dunia perawatan pribadi ini memiliki brand
kosmetik sebagai salah satu senjata untuk menaikkan penjualannya. Merelka meluncurkan
brand pixy yang menyediakan berbagai varian kosmetik. Meskipun brand pixy ini belum
menduduki peringkat pertama, namum pixy mampu bersaing dengan produk – produk lainnya.
Pixy
identik dengan kosmetik untuk orang dewasa atau lebih tepatnya ibu – ibu. Tapi.
Kini pixy telah melakuakn peremajaan merek untuk menciptakan image baru yang
lebih fresh. Dengan mengusung konsep colors of delight. Kini pixy mampu tampil
lebih elegan dan dinamis. Dalam strategi pricing, pixy melancarkan strategi
harga yang berjenjang sehingga semua segmen pasar dapat dibidik. Berkat hal
tersebut, kini pixy semakin banyak digunakan oleh para gadis remaja dan wanita
yang berasal dari berbagai kelas ekonomi.
Pixy
dapat memperluas dan memperkuat jaringan distribusinya dengan memperbanyak
saluran distribusi. Mulai dari pasar modern, pasar tradisional sampai ke took –
took kecil (minimarket). Hal ini dilakukan supaya dapat memastikan produk pixy
tersedia di berbagai lini pasar, termasuk menyediakan tester produk di gerai –
gerai minimarket sehingga konsumen bisa dapat lebih leluasa memilih jenis
produk yang diinginkan. Pixy pun sering menempatkan para Sales Promotion Girl
(SPG) di gerai – gerai tertentu seperti mall sebagai strategi personal selling.
Sumber:https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2017/07/saluran-distrbusi-langsung-dan-tidak-langsung.html?m=1
Komentar
Posting Komentar